Penjahit Baju Tonny K

Terima orderan baju batik/polos besar maupun kecil segala model
  • Kain Batik
    Kain Batik
Cara Merawat Batik

Cara Merawat Batik

Batik adalah kain tradisional khas Indonesia yang memiiliki motif atau corak gambar yang beraneka ragam. Namun untuk perawatannya bisa dikatakan susah-susah gampang.

Berikut cara-cara merawat dan mencuci baju batik supaya motifnya tidak mudah luntur dan tahan lama.

1. Mencuci Tanpa Deterjen
Hindari pemakaian deterjen waktu mencuci batik karena bahan kimia yang terkandung di dalamnya bisa menyebabkan warna atau motif batik menjadi luntur. Sebaiknya gunakan sabun mandi atau deterjen cair khusus batik yang di jual di toko-toko/toserba.
Cara mencucinya, campurkan ke dalam air dan rendam baju batik kursng lebih selama 30 menit dan kucek perlahan lalu dibilas.

2. Menggunakan Air Hangat
Bila terdapat noda di baju batik sebaiknya menggunakan air hangat saat mencucinya.
Cara yang efisien cukup rendam dalam air hangat sebelum baju batik dicuci seperti di poin nomor 1 agar noda yang menempel di baju batik akan lebih mudah terangkat dengan air hangat.

3. Mencuci Terpisah
Waktu mencuci baju batik biasakan jangan mencampur dengan baju jenis yang lain. Hal ini agar baju-baju, baik yang batik atau bukan, tidak luntur saat dicuci.

4. Perhatikan Cara Menjemur
Jangan memeras baju batik terlalu kuat setelah mencuci atau saat akan menjemur, cukup kibaskan dan jemur sebentar. Jangan menjemur baju batik di bawah sinar matahari langsung supaya tekstur dan warnanya tidak berubah menjadi kusam atau pudar.

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.